Menanti TPS 3R Aktif Beroperasi Kembali

Widodaren, Pemalang – Rabu (11/7/2018) mahasiswa KKN di desa Widodaren melakukan survey  lapangan untuk mengetahui kondisi TPS 3R yang akan menjadi program multidisiplin mereka. TPS 3R adalah singkatan dari Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle. Sesuai dengan namanya, TPS 3R ini digunakan untuk mengelola sampah yang dihasilkan oleh warga Desa Widodaren.

WhatsApp Image 2018-08-27 at 09.12.59

TPS 3R ini aktif beroperasi di tahun 2016 hingga pertengahan tahun 2017 sebelum akhirnya behenti beroprasi dan tidak terurus seperti sekarang. Gedung TPS 3R ini dibiarkan terbengkalai selama kurang lebih satu tahun. Salah satu alasan TPS 3R ini berhenti beroperasi karena biaya oprasional yang tinggi tidak sesuai dengan pendapatan yang diterima.

WhatsApp Image 2018-08-27 at 09.12.58

Kondisi TPS 3R yang Terbengkalai Selama Satu Tahun

TPS 3R yang sebelumnya dikelola oleh KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) ini sangat diharapkan dapat beroperasi kembali. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, pemerintah desa ingin mengambil alih pengelolaan TPS 3R ini dibawah naungan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), hal ini agar TPS 3R ini dapat kembali aktif mengelola sampah yang dihasilkan oleh masyarakat.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *