BERBAGI ILMU BERSAMA SISWA SISWI SDN 02 DAN 05 WIDODAREN KECAMATAN PETARUKAN, PEMALANG

REPORT 1

Hari Kamis, 19 Januari 2017, Tim 1 KKN UNDIP Desa Widodaren, Kecamatan Petarukan melakukan serangkaian kegiatan Penyuluhan di SDN 02 dan 05 Widodaren. Kegiatan penyuluhan yang dilakukan yaitu pencegahan karies,  gerakan ayo jajan sehat, Gerakan minat baca, gerakan bijak listrik.

Kegitan ini dimulai pukul 7.30. namun kegiatan kali ini tim kkn desa widodaren dibagi 2 tim. Tim pertama berada di SDN 2 Widodaren dengan materi gerakan jajan sehat dan pencegahan karies. Sedangkan tim kedua berada di SDN 5 Widodaren dengan materi gerakan minat baca dan bijak dalam penggunaan listrik.

Gerakan minat baca berisi tentang membaca cerita biografi dari R.A. Kartini dan Ki Hajar Dewantoro. Yang kemudian anak anak diberikan kesempatan untuk menceritakan kisah pahlawan tersebut. Hal ini dimaksudkan agar anak dapat meningkat minat baca dan juga menambah pengetahuan mengenai sejarah indonesia itu sendiri. Karena bangsa yang baik mengenal sejarah dan para pahlawannya. Ada pula kegatan selanjutanya mengenai gerakan bijak listrik. Hal ini dilatar belakangi karena kurangnya pembelajaran mengenai tata cara penggunaan dan pemakaian listrik secara baik dan benar. Metode yang digunakan dalam penyampaian materi kali ini digunakan video mengenai bijak listrik dan bahaya listrik. Yang diharapkan anak anak tahu dan dapat mengerti hal ini dengan konsep fun learning.

2

Gerakan ayo jajan sehat diawali dengan pemutaran video tentang akibat konsumsi jajan yang dijual secara tidak higienis, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang pengertian dan bahaya MSG, bahan pengawet dan bahan pewarna. Setelah penyampaian materi ayo jajan sehat dilakukan kuis untuk anak-anak sebagai bentuk evaluasi pemahan materi ol eh anak-anak. Selanjutnya penyampaian encegahan karies gigi, dengan memnunjukkan gambar karies gigi dan menyanyikan lagu “ayo gosok gigi”. Diakhir kegiatan siswa siswi diajak untuk melakukan gosok gigi bersama-sama.

Rangkaian kegiatan ini mendapat respon positif, tampak dari antusiasme para siswa, siswi, guru dan orang tua murid. Semoga Ilmu yang sudah dibagikan dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *